STIAMAK Tawarkan Wirausaha atau Eksekutif Perusahaan.

SURABAYA. Sebanyak hampir 250 mahasiswa dan alumni mendapatkan penawaran memilih menjadi wirausahawan atau eksekutif perusahaan ? Penawaran tersebut disampaikan melalui perguruan tinggi milik PT. Pelabuhan III (Pelindo III) STIAMAK Barunawati Surabaya dalam webinar bertema, “Wirausaha atau Eksekutif Perusahaan”, Kamis (18/2/2021).

Menghadirkan para eksekutif dan praktisi bisnis Pelindo III Group, alumni dan mahasiswa. Seperti, Edi Priyanto, SKM, MM (Direktur SDM Pelindo III), Dr. Nugroho Dwi Priyohadi, M.Sc (Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya), Dr. Sumarzen Marzuki, ST, MMT (Ketua Senat STIAMAK Barunawati Surabaya), Chiefy Adi Kusmargono ( Presdir PT. Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia), Made Rony Bhaskara, S.A.B, MM (Alumni di Pelindo III), Iskandar Zulkarnain (Pengusaha Travel), Oko Prasetyo ( Alumni, Manajer TPKS Semarang), Evi Sovya, S.Psi, M.Si (Owner Jastip Reina Store) dan Lovy Marsetya Haqi (Mahasiswa Start Up). Semua narasumber berbagi pengalaman.

Prinsipnya, setiap orang harus memiliki semangat berbisnis, menanamkan jati diri bisnis, berani mencoba, selalu melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dikerjakan dan terpenting semua kegiatan bersandar kepada Tuhan yang maha kuasa. “Segera putuskan, sebaiknya anda mau dimana, pegawai atau pengusaha, ” kata Made Rony. Selanjutnya tambah Made, susun kerangka kerjanya, bikin analisa dan segera ditetapkan. Menurut Zulkarnain, bisnis butuh kesabaran. “Awalnya saya merasa tersinggung dan mau marah pada pengguna jasa yang tidak punya komitmen. Tapi, kemudian saya rubah cara berpikir saya, orang tidak menggunakan memang belum rejeki saya.

Jadi butuh sabar,” ujar Zulkarnain yang melayani wisatawan tujuan manca negara tersebut. Edi Priyanto mengungkapkan, sekarang ini persaingan semakin ketat. Setiap individu harus memiliki modal yang kuat baik akademik maupun skill. “Mahasiswa harus punya semangat untuk sukses,” jelas Edi Priyanto mantan Kahumas Pelindo III. Tiga narasumber lain, Chiefy, Lovy dan Evy sama-sama menekankan pentingnya branding produk. Logo usaha turut menentukan sebuah produk gampang dikenal. “Logo menentukan.

Kami banyak dibantu dari logo kemudian semakin dikenal,” kata Evy. Sementara Lovy mengatakan, bisnis online membutuhkan adanya kerjasama yang baik dengan pihak ekspedisi dan advertising. “Kerjasama penting untuk memastikan biaya pengiriman,” kata Lovy. Menurut Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya Dr. Nugroho Dwi Priyohadi, M.Sc, webinar tersebut untuk menggugah mahasiswa untuk menemukan jati diri masing-masing. “Webinar hari ini lengkap, ada eksekutif, praktisi bisnis, alumni dan mahasiswa. STIAMAK memfasilitasi menggugah kesadaran mahasiswa supaya memiliki semangat menjadi eksekutif yang baik atau sukses dalam berbisnis,” kata Nugroho. Sementara Kepala Humas Moh. Fail menambahkan bahwa webinar dilaksanakan dalam rangka menyambut mahasiswa baru dan Dies Natalis STIAMAK Barunawati Surabaya ke 31 tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *