STIAMAK Gelar Women Leadership Webinar

SURABAYA. Perguruan tinggi milik Pelindo III STIAMAK Barunawati Surabaya mempertemukan para tokoh wanita lintas disiplin mulai akademi, bisnis maritim, terminal operator dan kesehatan grup Pelindo III. Acaranya dibungkus dalam, Woman Leadership Webinar (WLW), Selasa (8/12/2020). Para srikandi muncul dari sarangnya dan berceritera tentang dunianya masing-masing. Seperti, Direktur Urama PT. Terminal Petikemas Surabaya, Ir. Dothy, M.Sc. Deputy CEO Kamadjaja Logistic (Grup Kamadjaja), Ivy Kamadjaja. Direktur Transportasi dan Pengembangan Bisnis PT. Pelindo Husada Citra, drg. Purwanti Aminingsih, MARS. Direktur Keuangan, SDM dan Umum PT. Pelindo Marine Service, Lia Indi Agustiana dan dosen psikologi Unair Surabaya, Endang R. Suryaningrum. Dothy yang tampil menjadi pembicara pertama langsung membuat suasana seminar menghentak. Menyampaikan materi, “Woman Leadership in Port and Shipping Bussiness”. “Kita menjadi bagian dari global maritim dan shipping line”, kata Dothy sambil menayangkan video saat dia menjadi bagian bersama orang-orang penting maritim di dunia dan video keterlibatan dia saat mengawal kegiatan di atas kapal laut perairan internasional. Pesan Dothy, wanita harus cerdas dalam bekerja. Memilah mana pekerjaan harus dikerjakan sendiri, pekerjaan bisa didelegasikan dan mana pekerjaan tidak penting dan bisa ditinggalkan.

“Sebagai pemimpin harus bertanggung jawab dan alhamdulillah Pelindo III support untuk cewek,” kata mantan Direktur Utama PT. Terminal Teluk Lamong Tersebut. Tidak mau kalah, srikandi logistik nasional Ivy Kamadjaja juga mengungkapkan, wanita harus berani keluar dari kebiasaan, wanita memiliki kelebihan kerja lebih ditail, wanita juga bisa fokus dalam bisnis dan wanita juga bisa bekerjasama, kolaborasi dan menciptakan bisnis lebih kuat. “Kita bisa mengatur waktu lebih ditail,” kata Ivy bersemangat. Menurut Purwanti, wanita tetap bisa berperan ditengah kewajiban mengurus keluarga. “Saya asli Jakarta dan keluarga di Jakarta.

Saya ditugaskan di Surabaya. Semua bisa saya kerjakan’, kata Purwanti. Sementara Lia Indi mengungkapkan bahwa background keuangan yang disandang tidak berarti pekerjaan lain tidak bisa dikerjakan. ” Background saya keuangan, tapi saya bisa mengelola SDM, Saya bangun komunikasi. Karena inti dari SDM dibutuhkan komunikasi,” katanya. Dari sudut pandang akademi disampaikan dosen psikologi Unair Endang R. bahwa konsep kepemimpinan adalah mengelola SDM. Sementara dari nilai dasar SDM akan muncul karakter kepemimpinan berwibawa atau lainnya.

“Saya kagum dengan bu Dothy dan narasumber dari kalangan bisnis, mereka strong. Ini membuktikan bahwa wanita bisa berkontribusi lebih baik,” kata Endang. Webinar dikawal langsung oleh Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, Dr. Nugroho Dwi Priyohadi, M.Sc dengan moderator, Dian Arisanti, S.Kom. MM. Diikuti mahasiswa dari kerjasama lintas kampus STIAMAK dengan beberapa perguruan tinggi di Surabaya, Yogya, Jakarta, Semarang, Banjarmasin dan Umum.

Berikut peserta seminar dari beberapa perguruan tinggi:

  1. PT PMLI jakarta
  2. Stiamak Barunawati surabaya
  3. Untag Semarang
  4. Stimaryo Yogyakarta
  5. Akpn Bahtera Yogyakarta
  6. Yayasan Wibhakta Sman 7 yogya
  7. Akademi Maritim.Nusantara Banjarmasin
  8. Publik dari Forum Sekolah Administrasi Bisnis dan Kemaritiman ( Forum SAB dan Maritim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *