INSA Minta Zona Labuh Kapal Dekat Dermaga

INSA Minta Zona Labuh Kapal Dekat Dermaga

SURABAYA.(SLI). Para pengusaha shipping line yang tergabung pada asosiasi perusahaan pelayaran nasional (INSA) Cabang Surabaya meminta pemerintah mengatur zona labuh kapal mendekati dermaga. Hal tersebut disampaikan menyusul adanya rencana labuh kapal di luar pintu masuk kapal di Karang Jamuang. Jaraknya mencapai 40 mil untuk menuju Pelabuhan Tanjung Perak. “Ini sangat berat dilakukan bagi kru kapal yang lego jangkar supaya bisa mendarat di Tanjung Perak. Harus naik kapal kayu dengan jarak sampai 40 mil,” kata Ketua DPC INSA Surabaya, Stenvens Handry Lesawengen saat buka bersama anak yatim panti asuhan Surabaya di JW Marriott (10/5/2019).
Pihak INSA kata Stenvens, akan memberikan masukan kepada pemerintah untuk penyempurnaan Rencana Induk Pelabuhan (RIP). Usulan yang diajukan pengusaha pelayaran, zona labuh mendekati dermaga, memastikan lokasi aman dan efisien. Misalnya, labuh kapal petikemas mendekati terminal petikemas. Labuh kapal kargo mendekati terminal kargo dan labuh kapal curah mendekati terminal curah.
Sementara Kepala Distrik Navigasi Kelas I Surabaya, M. Dahri mengatakan, pengaturan zona labuh menggunakan pertimbangan utama dari sisi keamanan. Misalnya, kapal yang keluar-masuk di Tanjung Perak harus mendapatkan jaminan keamanan. Arus lalu lintas kapal di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) aman dan lancar tanpa adanya gangguan. Hal tersebut atas pertimbangan kesibukan arus kapal yang masuk di Tanjung Perak cukup besar.
“Kita tetap mendengarkan masukan dari pelaku bisnis pelayaran. Kita akan bicarakan dengan pertimbangan sisi bisnis dan keamanan secara umum. Alur pelayaran yang ada, tidak boleh terganggu. Arus lalu lintas harus lancar, dipastikan aman dan tidak boleh terganggu,” kata Dahri.
Seperti diketahui, Tanjung Perak menjadi pelabuhan terbesar kedua di tanah air. Arus lalu lintas kapal mencapai 40 unit per hari. Mulai kapal kecil sampai kapal besar. Kapal general kargo, kapal curah kering, kapal curah cair, kapal petikemas domestik dan internasiona dengan kapasitas mulai 150 TEUs sampai diatas 2.000 TEUs. Kapal tersebut masuk tujuan Tanjung Perak, Terminal Jamrud, Terminal Petikemas Surabaya, Terminal Berlian, Terminal Nilam, Terminal Mirah, Termina Teluk Lamong dan Terminal Berlian Manyar Sejahtera (JIIPE).

Categories: Advetorial

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*