STIAMAK Gelar Seminar Internasional VTS

STIAMAK Gelar Seminar Internasional VTS

SURABAYA.(SLI).Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Managemen Kepelabuhanan (STIAMAK) Barunawati Surabaya semakin memperkuat jaringan akademik dan bisnis internasional-khususnya di bidang kepelabuhanan. Setelah sukses menggelar seminar internasional tentang bisnis pengerukan (Dredging) akhir 2018. Selasa (2/4/2019) kembali menggelar seminar internasional tentang Vessel Traffic System (VTS) For Safety & Effisienty  di Hotel Sheraton Surabaya. Hadir sebagai narasumber; Pieter Van Vrigberghe De Coningh yang mewakili SAAB Teknologi Hongkong, Wim Van Padja selaku Direktur STC Nederhland, dan Alvin Goh yang menjabat Region Sales Manager Terma. Direktur Operasi Pelindo III Putut Sri Mulyanto, Direktur Utama PT Pelindo Marine Service Eko Harijadi. Peserta seminar terdiri atas pejabat kementerian perhubungan (Distrik Navigasi, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan), operator pelabuhan (Pelindo I, II, III, IV), pelaku usaha pelayaran dan logistik dan bisnis maritim terkait lainnya.

“Dalam enam bulan terakhir, STIAMAK berhasil menjalin hubungan kerjasama internasional empat kali di bidang akademik dan bisnis maritim. Ini menjadi penguatan kepercayaan pihak luar negeri terhadap STIAMAK sebagai satu-satunya perguruan tinggi swasta yang mencetak secara khusus SDM pelabuhan. Saat ini kerjasama dengan perusahaan SAAB dari Swedia, Tera dari Denmark, dan VTC dari Belanda. Kami juga sedang mempertimbangkan penawaran kerjasama dengan Australia,” kata Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, Nugroho Dwi Priyohadi di sela seminar.

Seminar VTS kata Nugroho, fokus membahas masalah jaminan keselamatan dan efisiensi bisnis maritim-khususnya bagi dunia shipping lines. Selama ini katanya, maritim nasional masih mencatat terjadinya beberapa musibah transportasi di laut. “STIAMAK tergugah untuk menyampaikan kepekaan kondisi tersebut dengan membikin seminar khusus keselamatan, apalagi program tol laut sedang gencar digaugkan pemerintah” katanya.

Salah satu peserta seminar Direktur PT. Ambang Barito Nusapersada (Ambapers) Didid Handoko mengatakan, seminar internasional yang diinisiasi STIAMAK ini sangat positif, sangat bermanfaat bagi dunia maritim dan pelaku bisnis kepelabuhanan. “Masukan dari para tokoh tersebut sangat bermanfaat bagi kami sebagai pelaku bisnis kepelabuhanan,” kata Didid Handoko disela acara seminar. Ambapers kata Didid, setiap hari melayani laju angkutan batu bara rata-rata 100 juta ton per hari. Sehingga sangat mendukung kegiatan seminar tersebut. Saat ini masih menggunakan radar dengan bekerjasama dengan pihak ketiga.

Direktur Utama PT. Pelindo Marine Service (PMS) Eko Harijadi mengungkapkan, seminar tersebut sangat bagus. PMS kata dia, sangat konsen dalam menjaga keselamatan angkutan laut di tanah air-khususnya wilayah Indonesia Timur. “Kami memiliki peta dan sudah mempelajari karakter masing-masing jalur disini (Indonesia-red). Dimana yang padat dan rawan musibah. Seminar ini cukup bagus untuk menggugah kita semua para pelaku bisnis maritim tentang pentingnya jaminan kapal melintas secara aman,” kata Eko.

 

Categories: Advetorial

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*