TPS Kuasai 83 Persen Petikemas Internasional

TPS Kuasai 83 Persen Petikemas Internasional

SURABAYA.(SLI). PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS) mencatat arus petikemas internasional (ekspor-impor) sampai dengan tanggal 20 Desember 2018 menunjukkan kenaikan volume bongkar muat sebesar 3.725 dibandingkan total volume bongkar muat tahun 2017 sebesar 1.306.876 TEUs. Kenaikan ini akan terus berlangsung sampai tanggal 31 Desember 2018, karena masih ada 31 kapal internasional lagi yang akan melakukan bongkar muat di demaga internasional.

Sedangkan untuk arus petikemas domestic telah menunjukan peningkatan volume bongkar muat pada bulan Nopember tahun ini sebesar 21.053 teus dari total volume bongkar muat tahun 2017 sebesar 78.811 atau meningkat 26 persen. Kenaikan volume ini disebabkan beberapa faktor diantaranya pembelian 3 unit CC pada tahun 2017 termasuk penggunaan bahan bakar listrik untuk seluruh unit CC di dermaga interansional. Disamping itu menambah kedalaman kolam dermaga internasional menjadi -13 mlws sehingga dermaga internasional bisa melayanai kapal-kapal internasional yang lebih besar.

“Meningkatnya arus petikemas di TPS menunjukkan peningkatan kinerja dan layanan. Diharapkan pada tahun 2019 akan lebih meningkat lagi. Sampai dengan bulan November tahun 2018 PT TPS menguasai 83% arus petikemas internasional di Tanjung Perak”, kata Kepala Humas TPS, M. Soleh.

Rencana peningkatan layanan juga akan dilakukan pada tahun 2019 nanti. Diantaranya adalah peremajaan peralatan bongkar muat dan peralatan pendukung lainnya sehingga mampu meningkatkan produktivitas bongkar muat dari 44 box / kapal / jam menjadi 60 box / kapal / jam. Peremajaan peralatan ini meliputi Container Crane (CC), Rubber Tyred Gentry (RTG), HeadTruck serta peralatan mekanis lainnya.

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*