Genting Dream Cruise Disambut Meriah

Genting Dream Cruise Disambut Meriah

SURABAYA.(SLI). Kedatangan kapal pesiar Genting Dream Cruise (GDC) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (12/12/2017) disambut meriah masyarakat dan pejabat Pemerintah Kota Surabaya. Mereka diberi kesempatan masuk kapal untuk menikmati hiburan, makanan dan kemewahan kapal. Seperti; Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Direktur Utama Pelindo III I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, Penasihat Kehormatan Menteri Pariwisata sekaligus Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata Indroyono. Juga, pejabat lain dari Kementerian Perhubungan. Mereka berdialog langsung dengan Tatcher Brown-Presiden Dream Cruises.
Risma menyampaikan begitu banyak kemajuan Kota Surabaya-khususnya di bidang pariwisata. Kunjungan wisatawan terus meningkat. Surabaya semakin ramai. Sabtu-Minggu tetap hidup dan semakin ramai. Memiliki obyek wisata cukup banyak-khususnya 173 taman yang sangat menarik untuk dikunjungi.
Indroyono mengatakan, pengembangan destinasi adalah hal yang utama dilakukan. Surabaya memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan dan menarik minat wisatawan. Dia mencontohkan, bagaimana wisatawan asing penumpang Genting Dream tertarik dengan House of Sampoerna di Surabaya. “Mereka penasaran dan ingin tahu bagaimana proses cengkeh dari pertanian sampai diproses menjadi rokok, itu sangat terkenal di dunia. Surabaya juga sangat dikenal sebagai “The Hell of Surabaya” dengan adanya peristiwa 10 November. Karena terbunuhnya jenderal sekutu setelah perang dunia kedua itu adanya cuma di Surabaya. Ini sangat terkenal di dunia. Tinggal bagaimana pintar-pintarnya kita mem-packgage-nya,” katanya.
Menurut Indroyono, masih ada yang belum begitu diperkenalkan dengan baik ke dunia kalau Surabaya merupakan kotanya angkatan laut. Surabaya katanya, masih bisa menyedot wisatawan asing lebih besar lagi. Karena Surabaya dia nilai mampu untuk menyambut wisatawan dengan berbagai kebutuhannya mulai dari transportasi dan akomodasi. “Jadi wisatawan di Surabaya tidak hanya sehari, kalau bisa sampai dua hari. Mungkin hari kedua bisa ke Bromo. Tapi semua persiapan harus dilakukan. Termasuk cinderamata.
Sementara Direktur Utama PT. Pelabuhan III I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengatakan, Pelindo III berkomitmen memberikan dukungan upaya peningkatan di sektor pariwisata dengan membangun fasilitas baru dan perbaikan beberapa fasilitas pelabuhan. Seperti, di Benoa Bali, Gili Mas Lombok (NTB) juga beberapa pelabuhan lainnya.
“Pelindo III berkomitmen mendukung di sektor pariwisata. Beberapa pelabuhan terus kita kembangkan untuk memberikan pelayanan wisatawan supaya lebih baik. Seperti; Pelabuhan Benoa-Bali, Laboan Bajo dan beberapa pelabuhan lain. Sebenarnya pendapatan Pelindo III dari sektor pelayanan kapal cruise relatif kecil hanya 5 sampai 7 persen saja. Tapi, memang bukan bisnis utama Pelindo III,” kata Ari Askhara-panggilan akrab I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.
Ari mengaku senang bisa melayani kedatangan Genting Dream Cruise dengan baik dan sempurna. Dilayani dengan standar pelayanan internasional mulai penyambutan masuk alur pelabuhan, pemilihan tempat sandar di dermaga internasional, terminal penumpang modern dengan tangga garbarata, ruangan terminal full AC dengan berbagai fasilitas yang sempurna. Sebelumnya, Pelindo III menyatakan komitmen mendukung sektor pariwisata dengan mengucurkan investasi Rp 4,68 triliun dari Rp 16,4 triliun sampai tahun 2020.
Dalam dialog bersama tersebut, President Dream Cruises Tatcher Brown menyatakan bangga bisa berkunjung di Indonesia. Dirinya bangga bisa mendukung pariwisata Indonesia. Secara tidak langsung, para penumpang kapal bisa tahu Surabaya. ”Kapten kapal sangat bersemangat saat berlabuh ke sini. Bahkan, kapal bisa bersandar lebih cepat dari jadwal,” katanya.
Genting Cruises Lines adalah anak perusahaan dari Genting Hong Kong yang menaungin tiga kapal pesiar ternama, Star Cruises, Dream Cruises, dan Crystal Cruises. Didirikan tahun 1993, Star Cruises adalah pelopor industri pelayaran di Asia Pasifik. Menurut Brown, kapal Genting Dream yang dibawa ke Indonesia Surabaya merupakan kapal terbesar yang pernah datang ke Indonesia.
Meski baru sesaat menikmati Kota Surabaya. Brown memiliki ceritera menarik. “Ini pertama kalinya saya ke Surabaya. Saya minum jus durian dan saya bilang ke istri saya, wow, buah itu baunya benar-benar tidak enak tapi rasanya luar biasa,” katanya, disambut tertawa para undangan yang hadir.

Categories: Advetorial

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*