Tanjungwangi Dongkrak Ekonomi Banyuwangi

Tanjungwangi Dongkrak Ekonomi Banyuwangi

BANYUWANGI.(SLI).Pelabuhan Tanjungwangi terus memberikan perhatian terhadap pertumbuhan ekonomi kecil menengah di Banyuwangi melalui pemberian modal usaha kepada masyarakat setempat. Seperti, penyaluran dana kemitraan sebesar Rp 817 juta untuk 20 mitra usaha yang dilakukan di kantor Pelindo III Tanjungwangi (26/7/2017). Mereka yang mendapatkan pinjaman mengaku sudah beberapa kali dan usahanya terus berkembang.

Seperti diungkapkan Nur Hidayah. Wanita usaha bengkel otomotif ini mengaku pinjaman 2017 ini merupakan pinjaman keempat. Sejak menjadi mitra binaan, usahanya terus berkembang dan menghasilkan peningkatan laba. Dari dana pinjaman lunak tersebut, Nur dapat menambah jenis spare part yang dijual, menambah peralatan service, dan dapat membangun ruangan sendiri untuk penjualan spare part-nya. Menurut dia, program ini sangat membantu keberlangsungan usahanya.  “Semoga Pelindo III semakin jaya sehingga kerja sama program kemitraan dengan mitra binaan bisa berjalan lebih baik dan luas,” kata warga Kecamatan Licin, Banyuwangi tersebut.

General Manager PT Pelabuhan III Tanjungwangi Edy Sulaksono mengatakan, tahun 2016 Pelindo III sudah menyalurkan dana kemitraan sebesar Rp 731 juta. Bekerjasama dengan Bank Jatim dan Bank BNI. Tahun 2017 meningkat menjadi Rp 817 juta. Dana tesebut disalurkan pada beberapa segmen usaha. Antara lain;  untuk segmen perdagangan sebanyak 14 mitra dengan dana sebesar Rp 587 juta, sedangkan segmen jasa sebanyak lima mitra sebesar Rp 180 juta, dan segmen industri sebanyak satu mitra sebesar Rp 50 juta. “Penyaluran pinjaman lunak ini merupakan wujud kepedulian Pelindo III terhadap masyarakat yang ingin mengembangkan semangat jiwa kewirausahaan di era persaingan bisnis saat ini,” kata Edy.

Edy menjelaskan bahwa Pelindo III juga melakukan pelatihan usaha kepada mitra binaan. Mulai kegiatan produksi, pengemasan produk, pemasaran sampai pembukuan keuangan. Dia juga mengingatkan supaya para mitra tidak lupa kewajiban untuk mengangsur pinjaman dan melakukan pembayaran tepat waktu. Pelindo III Tanjungwangi kata Edy, telah menyalurkan dana PKBL sejak 2007 hingga 2016 sebesar Rp 7,6 miliar kepada 343 mitra binaan.

Edy juga menjelaskan bahwa sektor usaha Pelindo III Tanjungwangi terus mengalami kemajuan. Terhitung mulai semester II/2017 pihaknya melakukan kontrak kerjasama dengan Pertamina untuk kegiatan operasional bongkar BBM. Pelindo III Tanjungwangi menyediakan fasilitas dermaga sepanjang 200 meter. Sedangkan pihak Pertamina menyandarkan 15 kapal setiap bulan. Sistem bongkar menggunakan pipa.

Pengembangan usaha lainnya, berupa kerjasama untuk kapal suplai air bersih. Volumenya mencapai 8.000 ton per bulan. “Kalau kegiatan rutin seperti biasa, bongkar muat barang. Tapi yang terbaru sekarang ini melayani kapal Pertamina sebanyak 15 kapal per bulan dan kapal suplai air sebanyak 8.000 ton per bulan. Inovasi lain akan terus kita lakukan,” kata Edy.

Sementara Kepala Cabang Bank BNI Banyuwangi, Yudhi Darmawan yang ikut mengawal penyerahan dana kemitraan Pelindo III Banyuwangi mengatakan, pihaknya terus mendorong supaya mitra binaan Pelindo III segera naik kelas. Bank BNI menwarkan kemudahan pemberian modal usaha. “Bapak dan ibu seharusnya bisa cepat naik kelas. Artinya, usahanya harus berkembang dan modal usahanya bisa ditambah. Pelindo III ini mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi ini,” kata Yudhi.

 

Categories: Advetorial

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*