Pelindo III  Mudik Gratis 30 Kota

Pelindo III  Mudik Gratis 30 Kota

SURABAYA.(SLI). PT. Pelabuhan III (Pelindo III) menawarkan mudik gratis bagi penumpang kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Mereka yang akan menikmati Idul Fitri 1438 H di kampung masing-masing. Diantar tujuan 16 kota di Jawa Timur. ““Sedikitnya ada tujuh ribu penumpang kapal laut dari Pulau Kalimantan yang berangkat dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Pontianak dan Balikpapan serta Makassar dengan tujuan akhir Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang. Mereka akan kita fasilitasi dengan program mudik gratis Pelindo III dengan tujuan daerah masing-masing di Pulau Jawa,” kata Corporate Secretary PT. Pelabuhan III, Faruq Hidayat.

Menurut Faruq, Pelindo III menyediakan bus gratis di dua terminal. Yaitu; Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Dimulai dari H-10 sampai H-2 sebelum lebaran atau mulai tanggal, 15 Juni sampai 23 Juni 2017.

Senior Manager Pelayanan Kapal dan Terminal PT. Pelabuhan III Bambang Hasbullah mengatakan, ada enam rute dari Tanjung Perak Surabaya ke berbagai kota di wilayah Jawa Timur, diantaranya; Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember sebanyak 21 trip; Mojokerto-Jombang-Nganjuk-Madiun sebanyak 21 trip; Kediri-Tulungagung-Trenggalek sebanyak 14 trip; Lamongan-Bojonegoro-Cepu sebanyak 14 trip; Surabaya-Pare-Blitar sebanyak 7 trip,  dengan estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak adalah sebanyak 3.696 penumpang.

Selanjutnya, untuk rute dari Tanjung Emas Semarang juga akan melayani enam rute menuju kota di Provinsi Jawa Tengah, antara lain Solo-Yogyakarta sebanyak 14 trip; Demak-Kudus-Pati sebanyak 7 trip; Temanggung-Parakan-Wonosobo sebanyak 14 trip; Magelang-Jogja-Purworejo sebanyak 7 trip; Kendal-Pekalongan-Pemalang sebanyak 7 trip dengan estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas adalah sebanyak  2.352  penumpang, sehingga perkiraan total jumlah penumpang mudik gratis yang dibiayai oleh Pelindo III dalam mudik gratis tahun ini sejumlah ± 6.048 penumpang.

“Untuk menjadi peserta mudik gratis Pelindo III, Pemudik dapat mendaftarkan diri secara langsung di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukan tiket kapal dan bukti identitas diri. Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III juga dilindungi asuransi yang ditanggung sepenuhnya oleh Pelindo III, dan calon penumpang mudik gratis tersebut akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti kaos mudik, konsumsi snack, serta bus yang dipakai dilengkapi fasilitas AC dan reclining seat,” imbuh Bambang.

Program yang diprakarsai dan didanai sepenuhnya oleh Pelindo III tersebut dalam pelaksanaannya bersinergi dengan BUMN lain yaitu PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) sebagai operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk penyediaan armada bus. “Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini bertujuan untuk memudahkan para penumpang kapal laut yang selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga sampai kota tujuan,” ungkap Faruq.

Categories: Advetorial

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*