Pengusaha Angkutan Darat Harus Paham Perubahan

Pengusaha Angkutan Darat Harus Paham Perubahan

SURABAYA.(SLI). Pakar transportasi I Nyoman Pujawan yang menjadi narasumber seminar bertema; “Pengaruh Kemajuan Teknologi dalam Transportasi Darat” dalam acara Musyawarah Kerja Cabang III DPC Khusus Organda Tanjung Perak di Hotel Wyndham, Selasa (16/5/2017) mengungkapkan, pengusaha angkutan darat harus peka terhadap perubahan dan perkembangan teknologi informasi. Pemilik angkutan tidak boleh sekedar melayani mengangkut barang. Tapi harus bisa memberikan informasi sepanjang melakukan pelayanan kepada pemilik barang.

Memastikan barang yang diangkut dalam keadaan baik dan aman. Selalu update posisi angkutan yang mengangkut barang, mampu mengelola waktu secara baik dan tepat. “Kapan saat tepat mengambil barang di pelabuhan tanpa antri. Menghitung waktu lamanya perjalanan dengan mengetahui secara persis kondisi jalan-macet atau tidak. Sampai tahu persis kondisi penerimaan barang di tempat tujuan,” kata Nyoman.

Nyoman juga mengingatkan perkembangan sistem pembayaran E-Commerce di dunia sudah mengalami kemajuan sangat pesat. Sebaliknya, E-Commerce di Indonesia masih berjalan lambat. Pengusaha angkutan tidak boleh mengabaikan setiap perubahan dan perkembangan. Sebab, perubahan itu dinamis.

Sang motivator Andrie Wongso menambahkan, anggota Organda Tanjung Perak harus bisa melakukan perubahan besar, perubahan luar biasa. Perubahan luar biasa merupakan perubahan yang berbeda dari kebiasaannya. Dia mengingatkan anggota Organda supaya tidak masuk kelompok miskin mental. Karena mental merupakan aset utama dan keuatan setiap manusia.

“Ayo kita bangun karakteristik citra diri positif. Selalu memiliki tujuan besar. Penuh keyakinan dan percaya diri. Optimis dan aktif. Tegar dan keras pada diri sendiri. Senang tantangan dan open minded,” kata Andrie.

Acara seminar diikuti seluruh anggota dan pengurus Organda Tanjung Perak dan Jawa Timur, pejabat instansi pemerintah Kota Surabaya dan Propinsi Jawa Timur, pejabat Otoritas Pelabuhan, Syahbandar, operator terminal dan pengurus asosiasi pelabuhan. Para peserta menilai acara tersebut, Sukses.

Categories: Angkutan darat

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*