Tiga CC Baru Tiba di TPS

Tiga CC Baru Tiba di TPS

SURABAYA.(SLI). PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS) mendatangkan tiga Container Crane (CC) baru. Didatangkan menggunakan kapal CY Interocean 1 dan di bongkar di dermaga internasional bagian barat, Rabu(1/2/2017).  Nilai investasinya sebesar USD 30 juta. Menjadi investasi terbesar sejak TPS berdiri. “Penambahan tiga CC baru ini dimaksudkan untuk peningkatan pelayanan kepada customer,” kata Kepala Humas PT. Terminal Petikemas Surabaya, Moch. Solech dalam jumpa pers, Kamis (2/2/2017).

Bersamaan dengan kedatangan CC baru tersebut kata Solech, TPS sedang mengembangkan teknologi terbarukan berupa elektrifikasi peralatan bongkar muat baik di dermaga berupa CC maupun di Container Yard untuk Rubber Tyred Gantry (RTG). Elektrifikasi lebih ekonomis, efisien dan ramah lingkungan. Sebelumnya TPS juga sudah melakukan pendalaman kolam menjadi 13 LWS. Sehingga kapal bermuatan 3.000 samai 3.500 TEUs bisa sandar dengan mudah.

Menurut Solech Kelebihan CC baru mampu menjangkau sampai 16 row. Sementara CC yang sudah ada di Tanjung Perak hanya menjangkau 13-14 row. Kecepatan bongkar muat antara 25 sampai 27 boks/crane/jam. “Kelebihan CC baru ini mampu menjangkau sampai 16 row. Kalau CC sebelumnya hanya bisa menjangkau antara 13 sampai 14 row. CC baru diperkirakan akan beroperasi maksimal pada Mei 2017,” kata Solech.

Sementara Vice President PT. Terminal Petikemas Surabaya William Khoury mengatakan, TPS selama periode 2015-2016 telah melakukan investasi sebesar USD 200 juta. Untuk pembelian tiga CC sebesar USD 30 juta dan program elektrifikasi sebesar USD 8 juta. Peningkatan kapasitas dari 1,8 menjadi 2,2 juta TEUs/tahun.

Realisasi produksi bongkar muat pada 2016 untuk petikemas internasional sebesar 1.241.225 TEUs atau naik 2,3 persen. Sedangkan bongkar muat petikemas domestik sebesar 156.203 TEUs atau turun 4 persen. Total tren kenaikan sebesar 2 persen. Tahun 2017 diproyeksikan naik  1 persen. Karena persaingan antar terminal di Tanjung Perak semakin besar. “Karena di Tanjung Perak ada beberapa terminal lain,” kata Solech menerjemahkan jawaban William.

Categories: Operasional Terminal

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*