TPKS Terima Kapal Direct Call Semarang-China

SEMARANG.(SLI).  Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) menerima kunjungan kapal petikemas internasional pelayaran langsung (direct call) China-Semarang dan Semarang-China. Pelayaran langsung tersebut sangat mempercepat hubungan perdagangan Semarang (Jawa Tengah) dengan China dilayani menggunakan kapal MV Star River melakukan bongkar muat sebanyak 343 boks atau 497 TEUs. “Kami sudah melayani kunjungan kapal direct call Semarang-China PP. Yang sudah masuk MV Star River berbendera Panama. Masih ada beberapa kapal lain juga mau masuk,” kata General Manager TPKS, Erry Akbar Panggabean.

TPKS mentargetkan arus kunjungan kapal (ship call) tahun 2017 bisa mencapai 725 ship call. Tahun 2016 sebanyak 709 ship call dan tahun 2015 sebanyak 701 ship call. Optimis target tersebut bisa dicapai, mengingat pemerintah terus memacu percepatan dan kelancaran arus logistik nasional untuk pertumbuhan perekonomian nasional-khususnya di Jawa Tengah. “Adanya rute langsung Semarang-China tanpa melalui feeder Singapura ini merupakan kebanggaan Jawa Tengah. Karena transaksi perdagangan bisa semakin cepat,” tambah Erry.

Berdasarkan laporan produktivitas bongkar muat petikemas tahun 2016. TPKS berhasil melakukan bongkar muat sebanyak 650 ribu TEUs. Tahun 2015 sebesar 608.201 TEUs. Sementara tujuan barang dari Jawa Tengah terbesar ke Amerika Serikat disusul tujuan Eropa kemudian daerah Asia.

TPK Semarang sekarang ini telah dipermodern. Fasilitas dermaga semakin panjang dan ditambah dengan Container Crane juga peralatan bongkar muat modern lain. Seperti; Rubber Tyred Gantri (RTG) elektrik dan angkutan petikemas (trailer) dan sistem pelayanan serba online. “TPKS semakin modern,” kata Erry dalam kesempatan sebelumnya.

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*