Diberlakukan Secara Bertahap

Diberlakukan Secara Bertahap

JAKARTA.(SLI). Pemerintah memberi kelonggaran pelaksanaan program Inaportnet di Tanjung Priok dengan memberlakukan secara bertahap. Keputusan tersebut diambil setelah memperhatikan kondisi di lapangan dan masukan dari Indonesia National Shipowner Association (INSA) atas permintaan perusahaan pelayaran di Jakarta. Kementerian Perhubungan melalui Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut dengan surat nomor bernomor PR 101/155/4/DA-2016 ditandatangani Bay Mokhamad Hasani tertanggal 22 November 2016. Surat ditujukan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Nyoman Gede Seputra.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan, pemberlakukan Inaportnet bertujuan untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kapal dan barang di pelabuhan. “Apabila dalam pelaksanaan menimbulkan hambatan dan berpotensi menimbulkan biaya tinggi, sebaiknya dievaluasi atau bisa saja diberlakukan secara bertahap sampai semuanya benar-benar siap,” kata Carmelita.

Pemerintah sendiri telah melakukan pelatihan pada sejumlah perusahaan-khususnya perusahaan pelayaran yang terkait secara langsung dengan program Inaportnet. Tahap awal dilakukan pada 10 perusahaan pelayaran. Setelah kesepuluh perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik akan diberlakukan kepada perusahaan pelayaran lainnya. Inaportnet juga akan diberlakukan di beberapa pelabuhan lain.

Sementara dari perusahaan pelayaran menanggapi dengan sikap berbeda. Bagi perusahaan pelayaran besar yang sudah akrab dengan sistem teknologi informasi berbasis internet menyambut baik program Inaportnet. Tapi tetap memberikan catatan, implementasi operasionalnya harus bersungguh-sungguh dan tidak lemot. Sebaliknya, pelayaran yang merasa nyaman dengan sistem konvensional menganggap Inaportnet merupakan sesuatu yang baru dan butuh waktu untuk bersosialisasi.

 

 

Categories: Advetorial

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*