STIAMAK Menjaring Pekerja Pelayaran dan Forwarding

STIAMAK Menjaring Pekerja Pelayaran dan Forwarding

SURABAYA.(SLI). Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhanan (STIAMAK) Barunawati memberi kesempatan bagi pekerja pelabuhan Tanjung Perak-khususnya pegawai perusahaan pelayaran dan forwarding yang belum sarjana supaya kuliah di perguruan tinggi milik PT. Pelabuhan III tersebut. Hal ini untuk memudahkan para pekerja meraih kesempatan jenjang karir yang lebih tinggi di perusahaan masing-masing. “Kami memberikan kesempatan bagi para pekerja pelabuhan-khususnya yang sudah bekerja di pelayaran dan forwarding supaya bisa kuliah di STIAMAK. Mereka yang masuk kerja menggunakan ijazah SMA dapat melanjutkan kuliah sampai menjadi sarjana. Sehingga mereka berkesempatan meningkatkan jenjang karir di perusahaan masing-masing,” kata Ketua STIAMAK Barunawati, Iwan Sabatini.

Beberapa pekerja yang sudah lama bekerja di pelabuhan tambah Iwan, tidak bisa mengikuti seleksi kenaikan pangkat atau jenjang karir, karena ijazah mereka hanya lulusan SMA. Sedangkan perusahaan mensyaratkan ijazah minimal S1. “Ini patut disayangkan. Karena mereka sudah sangat menguasai pekerjaannya. Hanya karena terbentur ijazahnya SMA sehingga tidak bisa mengikuti seleksi kenaikan jenjang karir. STIAMAK memberi kemudahan bagi mereka. Mereka bisa kuliah dan tetap bisa bekerja sebagaimana biasa. Karena kuliah di STIAMAK dilaksanakan pada malam hari. Sekarang ini separo mahasiswa STIAMAK sudah bekerja di pelabuhan.

Kemudahan lainnya; kampus ada di Tanjung Perak, dosen pengajar para ahli di bidang kepelabuhanan dan praktisi bisnis pelabuhan. Mulai bidang pelayaran, ekspedisi dan kepabeanan (forwarding), bongkar muat, operator terminal, transportasi dan bisnis terkait lainnya. Kuliah malam hari sehingga sangat cocok bagi mahasiswa yang sudah bekerja. Setiap bulan ada kuliah umum dengan narasumber para praktisi bisnis pelabuhan. Kunjungan lapangan dengan melihat secara langsung kegiatan operasional di pelabuhan. Seperti; Terminal Jamrud, Terminal Mirah, Terminal Nilam, Terminal Berlian (BJTI), Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Terminal Teluk Lamong (TTL), Pelabuhan Internasional (JIIPE) Manyar Gresik, Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Terminal Peti Kemas Banjarmasin (TPKB) Kalimantan Selatan, Terminal Tenau Kupang (NTT), Pelabuhan Pariwisata Benoa Bali dan beberapa daerah lain.

Categories: Advetorial

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*