Tanjung Perak Tambah HMC Elektrik

Tanjung Perak Tambah HMC Elektrik

SURABAYA.(SLI). Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Pelabuhan III Tanjung Perak menambah satu unit alat bongkar muat muti fungsi Harbour Mobile Crane (HMC) elektrik. Alat berbobot 350 ton tipe 2120E merk Italgru asal Italia tersebut tiba di Surabaya Selasa (12/7/2016). Diangkut menggunakan angkutan laut khusus BBC Orion. Alat tersebut dimaksudkan untuk memperkuat dan mempercepat pelayanan bongkar muat khususnya di Terminal Jamrud Tanjung Peratk. Memiliki daya angkut 130 ton dengan daya jangkau sampai sekitar 60 meter. Sebelumnya telah dioperasikan 7 HMC tenaga disel di terminal yang sama.

Pelindo III akan terus mengembangkan elektrifikasi peralatan bongkar muat di pelabuhan besar. Diantaranya; Tanjung Perak, Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Terminal Peti Kemas Banjarmasin (TPKB) juga terminal pendukung lainnya. Beberapa terminal sedang dalam proses elektrifikasi antara lain; Terminal Petikemas Nilam Timur Tanjung Perak dan Terminal Petikemas Surabaya (TPS) yang dipastikan 2017 semua Container Crane sudah mengganti power menggunakan tenaga listrik. Elektrifikasi alat mampu menekan biaya operasional antara 30 sampai 60 persen.

Para pelaku usaha di Tanjung Perak menanggapi positif atas kedatangan alat baru tersebut. Mereka berharap penambahan HMC bisa mengurangi antrian kapal di pelabuhan. “Kita sebagai pelaku bisnis di Tanjung Perak berharap dengan adanya penambahan alat baru HMC bisa mempercepat pelayanan bongkar muat. Sehingga antrian kapal bisa ditekan. Pelindo III juga masih bisa melakukan terobosan lain untuk meningkatkan kelancaran arus barang di pelabuhan. Kami siap bekerjasama sesuai dengan bidang, keahlian dan kemampuan kami sebagai perusahaan stevedoring,” kata Heri Siswanto pengusaha PBM yang banyak mengerjakan bongkar muat barang internasional di Terminal Jamrud.

Categories: Operasional Terminal

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*