Kalog Layani Petikemas Internasional JICT

Kalog Layani Petikemas Internasional JICT

JAKARTA.(SLI). Kereta Api Logistik (Kalog) akhirnya mulai beroperasi di Jakarta International Container Terminal (JICT). Rute yang dilalui dari Stasiun Pasoso-JICT melewati Cikarang Dry Port. Menggunakan 30 gerbong kapasitas 60 petikemas ukuran 20 feet. Melayani 2 kali atau 4 kali PP dalam sehari menggunakan jam malam hari. Uji coba dilakukan, Kamis (18/2/2016). Dihadiri Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli. Direktur Operasi dan Pemasaran Kalog, Sugeng Priyono dan beberapa pejabat perhubungan lain.

“Kira-kira awal Maret nanti kita sudah siap operasikan kereta pelabuhan ini. Saat ini sarana sudah selesai dikerjakan 95 persen. Tinggal beberapa sarana lain segera kita sempurnakan. Misalnya kantor dan stasiun JICT,” kata Direktur Operasi dan Pemasaran Kalog, Sugeng Priyono di lokasi uji coba kereta pelabuhan, Stasiun JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut Sugeng, rute kereta Kalog bisa diperluas daerah Cikampek, Gedebage Bandung, hingga Serang Banten. Kemudian bisa dikembangkan sampai titik angkutan logistik di Cibungur dekat Cikampek dan daerah Serang sebagai pusat  pusat industri.

Sementara pelaku perdagangan internasional mengungkapkan, Kereta Api Logistik cocok untuk mengisi jalur panjang antar kota. Karena daya angkutnya lebih besar dibanding angkutan darat lainnya. Pelayanan Kalog akan lebih sempurna jika pihak operator bisa melayani sistem paket. Artinya, Kalog juga bisa melayani door to door dan memastikan tidak ada biaya dobel handling.

“Memang, Kalog cocoknya mengisi rute jarak jauh. Mampu mengangkut lebih besar dan tepat waktu. Yang kita inginkan sebenarnya pelayanan angkutan petikemas apa pun harusnya lebih bagus dan tidak menimbulkan biaya tinggi, itu saja,” kata Ketua BPD GPEI Jawa Timur, Isdarmawan Asrikan.

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*