TPK Semarang Mulai Operasikan CC Baru

TPK Semarang Mulai Operasikan CC Baru

SEMARANG (SLI). Setelah datang di Semarang akhir November 2015. Alat baru berupa Ship to Shore (STS) atau umum dikenal dengan sebutan Container Crane (CC) di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) mulai dioperasikan, Selasa (12/1/2016). Dua STS baru tersebut melayani handling bongkar 74 boks dan muat 40 boks dari KM Meratus Banjar.

         General Manajer Terminal Peti Kemas Semarang, Erry Akbar Panggabean mengatakan, bahwa dua unit Container Crane baru tersebut sebelumnya telah menjalani endurance test 24 jam non-stop pada tanggal 24-25 Desember 2015. Juga, telah menjalani dua kali uji coba handling bongkar muat kapalpetikemas. Pertama, KM Meratus Bontang pada hari Sabtu (09/01) handling 50 boks dan Selasa (12/01) dengan KM Meratus Banjar sebanyak 114 bokspetikemas.
          “Aktivitas uji coba ini sekaligus juga menguji dermaga baru TPKS sepanjang 105 meter yang telah siap dioperasikan, sembari menunggu finalisasi pekerjaan perluasan Container Yard (CY) baru (5,3 Ha) dan perakitan 11 unit A-RTG yang masih on-going process. Secara keseluruhan TPKS menyatakan sangat puas dengan 2 unit alat baru produksi Dalian DHI ini,” kata Erry.
          Erry menambahkan, setelah uji coba, baik CC dan dermaga akan dioperasikan secara penuh, dimana kedepannya TPKS dapat melakukanmelayani tiga  kapal yang sandar bersamaan secara parallel dengan 7 unit CC yang dimiliki terminal ini, serta didukung dengan jumlah armada Head Truck yang siap melayani proses receiving dan delivery di TPKS.
          Last but not least, Erry menitipkan himbauan agar setiap stakeholders TPKS yang melakukan aktivitas di wilayah kerja terbatas TPKS agar di tahun2016 ini mempu meningkatkan ketertiban APD (Alat Pelindung Diri) dengan lebih baik lagi, budayakan Safety First untuk menghindari potensi resiko yang mungkin terjadi saat kegiatan operasional di lapangan, terutama saat masa peralihan dari manual ke otomasi, baik sistem maupun peralatannya.

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*