Meratus Semakin Butuh Draf Dalam

Meratus Semakin Butuh Draf Dalam

(SLI). Pelayaran nasional PT Meratus Line semakin membutuhkan adanya draf dalam di pelabuhan  Indonesia. Karena kapasitas kapal petikemasnya semakin bertambah besar.  Sebelum tahun 2000 an kapal Meratus cukup dengan kedalaman kolam 4 meter untuk kapal kapasitas 250 boks.

Tapi sekarang kapal Meratus membutuhkan draf lebih dalam sampai 10 meter. Karena kapasitas kapal meningkat sampai  2.113 boks. Seperti MV Meratus Java dan MV Meratus Jayapura yang sama-sama berkapasitas 2.113 boks.

Kepala Cabang PT Meratus Line Surabaya Slamet Raharjo mengatakan, kapal besar lebih efektif dan efisien. Karena waktu sandar untuk kegiatan bongkar muat lebih produktif. Ongkos angkutnya juga bisa lebih efisien.

“Ini tantangan bagi pelaku perdagangan dan pengelola terminal di pelabuhan. Kami sudah menyiapkan kapal besar. Industri dan perdagangan harus tumbuh lebih besar. Supaya biaya angkutnya lebih efisien. Pengelola terminal di pelabuhan juga tertantang supaya kolam pelabuhan diperdalam,” kata Slamet.

Pelayaran Meratus mengoperasikan kapal petikemas lebih dari 50 unit. Kapal petikemas dengan kapasitas diatas 1.000 boks sebanyak 10 unit. Kapasitas dibawah 1.000 diatas 500 boks sebanyak 25 unit dan selebihnya berkapasitas dibawah 500 boks.

“Sekarang kondisi Alur Pelayaran Barat Surabaya sudah semakin dalam. Mestinya kolam di masing-masing terminal di Tanjung Perak ini juga diperdalam. Supaya kapal dengan kapasitas lebih besar bisa masuk  dengan aman,” tambah Slamet.

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*